Cara Membuat Blog Agar Menghasilkan Uang Untuk Pemula

Cara Membuat Blog Agar Menghasilkan Uang –  Apabila Anda ingin belajar bagaimana cara membuat blog agar menghasilkan uang, maka bacalah artikel ini sampai selesai dan Anda benar-benar paham akan artikel ini.

Namun sebelumnya saya ingin mengungkapkan sebuah fakta bahwa mungkin ini yang saat ini terjadi pada Anda. Yaitu bahwa Anda mulai tertarik ingin bisa membuat sebuah blog atau website karena ternyata dari sebuah blog atau website tersebut bisa menghasilkan uang.

Cara Membuat Blog Agar Menghasilkan Uang

Mungkin Anda juga pernah mendapatkan informasi bahwa hanya dari blog atau website bisa menghasilkan uang jutaan dan bahkan ratusan juta secara rutin setiap bulannya.

Fakta ini memang tidak dipungkiri bahwa memang jika suatu blog atau website dikelola secara benar dan konsisten, maka pundi-pundi rupiah bahkan dollar akan bisa masuk ke rekening Anda secara otomatis dan disaat Anda tidur atau bahkan sedang liburan pun itu semua bisa terjadi.

Mungkin Anda juga terkagum-kagum dengan para blogger yang sudah senior bisa menghasilkan banyak uang dari blog atau websitenya. Namun Anda perlu bergembira karena Anda bisa belajar disini cara membuat blog dan bisa menghasilkan walaupun masih pemula

Ada 2 platform yang popular saat ini sebagai tempat untuk membuat blog, yaitu di blogger atau blogspot dan dengan via wordpress. Kedua-duanya sama – sama powerfull untuk bisa berpeluang menghasilkan uang asal dilakukan dengan cara yang benar.

Baca juga => Cara Mudah Membuat Landing Page Tanpa Domain

 

Lalu bagiamanakah Cara Membuat Blog Agar Menghasilkan Uang ?

Satu hal lagi yang ingin saya sampaikan disini bahwa banyak blogger baru tidak bisa sukses atau gagal setelah 1-3 bulan pertama dan hanya sedikit yang bisa sukses, mengapa demikian..? salah satu penyebabnya adalah mereka yang gagal adalah yang membuat blog mereka secara asal-asalan, seperti topic yang campur aduk, konten yang tidak berkualitas dan promosi yang tidak jelas arahnya kemana, sehingga blognya sepi tanpa pengunjung dan akhirnya sampai jenuh untuk melanjutkan.

Dalam membuat blog perlu adanya perencanaan yang matang sebelum memulai melangkah, karena memang perencanaan dalam membuat blog itu sangat penting, maka dari itu perlu disiapkan sebaik mungkin supaya nantinya tidak buang-buang waktu, uang dan tenaga.

 

Hal – hal yang perlu Anda pelajari dalam membuat blog yang berkualitas dan sukses :

  1. Tentukan topik utama blog

Tahap ini adalah tahap penting yang harus anda perhatikan betul-betul jangan sampai Anda anggap sepele, karena fakta menyatakan bahwa dalam setiap hari ada 2,73 juta konten baru yang diterbitkan dari seluruh dunia ini. Dan lebih dari 70% hanya mendapatkan kurang dari 5.000 pengunjung perbulan atau bisa juga sekitar 150 per hari.

Miris juga kan?

Jadi intinya supaya blog Anda banyak pengunjungnya adalah blog Anda harus berisi konten yang lebih bagus  dari blog  lainnya, dan untuk bisa membuat konten yang bagus adalah memilih topic yang Anda sukai dan minati yang man itu dianggap menarik oleh banyak orang.

Salah dalam memilah topik bakal menimbulkan web kamu sulit tumbuh. Ini kerap dirasakan oleh banyak blogger pendatang baru sehingga mereka wajib mengulang lagi dari nol. Pelajari metode memilah topik yang pas buat kamu.

Topik apa yang dapat menghasilkan duit?

Bersumber pada survey yang aku jalani beberapa waktu yang lalu, sebagian besar dari pembaca postingan ini nyatanya mau memperoleh pemasukan dari blog.

Betul, blog memanglah dapat jadi sumber pemasukan.Tetapi ada 1 mitos legendaris yang memberitahukan kalau cuma web dalam topik tertentu yang dapat memperoleh pemasukan.

Itu salah besar… Yang betul adalah seluruh topik dapat menghasilkan asalkan konten yang kamu buat sanggup menarik atensi banyak orang. Topik apapun dapat membuat web jadi berpenghasilan. Apalagi web yang isinya lucu- lucuan.

Ini cerita dari pengalaman pribadi:

7- 8 tahun yang lalu aku berupaya membuat web dalam topik tax( perpajakan), sebab katanya topik ini dapat memperoleh banyak duit dari iklan. Sementara itu aku sama sekali tidak tertarik dengan pajak. Akibatnya…konten yang aku buat kualitasnya sangat rendah. Tiap kali menulis konten, rasanya stress. Akhirnya web terbengkalai tanpa memperoleh tamu sama sekali. Jadi, jangan pilih topik yang tidak menarik untuk kamu.

Berarti: Jika kamu mau sungguh- sungguh blogging buat jangka panjang, jangan sampai pilih topik yang mengundang kasus hukum. Misalnya sediakan lagu MP3, unduh film, konten berusia, serta sejenisnya.

 

  1. Seleksi platform blog yang pas buat anda

Salah satu proses terberat dalam mengawali web telah kita lewatkan. Saat ini kita masuk ke yang lebih gampang.Teknologi jaman saat ini telah mutahir. Dengan memakai platform blogging, kamu dapat menulis di web semacam menulis di Microsoft Word.

 

Ini 3 opsi yang sangat terkenal:

  • Blogspot— hosted
  • WordPress. com— hosted
  • WordPress. org— self- hosted

Masih terdapat puluhan platform blogging yang lain, tetapi saya tidak hendak mempersulit opsi kamu dengan mangulas yang kurang terkenal.

Memilih Platform

Banyak pemula yang kerap dibuat bimbang disaat mau memilah platform web, sebab di internet bagi orang berbeda- beda. Di panduan ini dibahas satu per satu mana yang sangat pas buat kamu sendiri.

Secara singkat, jika anda tidak mau pindah halaman, ini kelemahan serta kelebihan dari tiap- tiap tipe platform:

Pilih platform hosted( WordPress. com ataupun Blogger) jika kamu:

  • Sama sekali tidak mau keluar biaya ( walaupun tidak banyak)
  • Rela dengan fitur yang terbatas
  • Rela dengan tampilan yang pula terbatas
  • Rela nama web kamu jadi semacam ini: namawebsite. blogspot. com
  • Rela web kamu dihapus sewaktu- waktu( jika kamu melanggar ketentuan)

 

Kebalikannya, pilihlah platform self- hosted( WordPress. org) jika kamu:

  • Memiliki modal dekat Rp 300ribu per tahun( buat domain serta hosting)
  • Mau memiliki web yang 100% kepunyaan anda
  • Mau dapat mengganti tampilan dengan leluasa
  • Mau dapat meningkatkan fitur- fitur apapun yang kamu butuhkan
  • Mau membuat web yang nampak lebih kredibel

Cara Membuat Blog Agar Menghasilkan Uang

Sebab sangat fleksibel, WordPress self- hosted pula kerap digunakan untuk yang lebih daripada hanya web, misalnya berjualan online, web bisnis, komunitas, serta lain- lain.

Saya pribadi senantiasa menganjurkan biar orang yang sungguh- sungguh blogging supaya memakai self- hosted dari WordPress. org, sebab tentunya akan lebih bagus dalam jangka panjang.

Tetapi jika modal kamu betul- betul 0, maka itu masalah lain.Walaupun sedikit lebih repot, kala web kamu telah sukses kamu dapat pindah dari hosted ke self- hosted. Banyak yang melaksanakan semacam ini, jadi kamu dapat senantiasa mulai dari hosted.

 

  1. Tentukan penyedia layanan hosting serta domain

Mungkin kamu yang pernah dengar istilah ini:

Domain: nama/ alamat web kamu. Web ini domain- nya Happymulya.. com.

Hosting: tempatnya file- file web kamu ditaruh. Semacam harddisk jika di pc.

Keduanya memakai sistem sewa. Maksudnya kamu butuh membayar tiap bulan/ tahun kala kamu menyewa domain serta hosting. Tidak ada opsi bayar sekali buat seumur hidup. Peranannya vital buat blog. Pastinya kamu tidak mau web yang kamu buat kerap hadapi permasalahan semacam mati tiba- tiba, ataupun tidak dapat diakses secara seketika. Jadi, pilihlah penyedia domain serta hosting yang terpercaya.

 

Berikut ini adalah sebagian layanan domain serta hosting internasional yang umumnya direkomendasikan buat pemula :

Domain: NameCheap

Hosting internasional: BlueHost ataupun HostGator

Hosting Indonesia: Niagahoster( free domain)

Jika kamu membuat web berbahasa Inggris, pakai hosting internasional. Sebaliknya buat web Indonesia pakai hosting Indonesia dan yang saya rekomendasikan adalah dengan Niagahoster

Cara Membuat Blog Agar Menghasilkan Uang

 

  1. Tentukan nama domain

Nama domain itu akan senantiasa menempel pada web kamu, walaupun masih dapat ditukar, namun bakal repot serta jika salah dapat fatal dampaknya. Oleh karena itu hendaknya tentukan matang- matang nama domain di sini.

Ada 7  yang wajib kamu perhatikan saat menentukan nama domain :

  • Sesuaikan dengan topik blognya
  • Jauhi nama yang mirip dengan web populer
  • Gampang ditulis, diingat, serta diucapkan
  • Sebisa bisa jadi pakai. com
  • Jauhi ciri strip/ minus(-) serta angka
  • Jangan pakai merk kepunyaan orang lain
  • Cek pula ketersediaan username- nya di jejaring sosial

 

Mungkin sebagian orang bisa jadi tidak bakal sepakat dengan saya terutama pada poin ke- 4, sebab sesungguhnya terdapat ekstensi lain tidak hanya. com yang ternyata juga bagus, misalnya. org,. net,. co,. id, dsb, tetapi alibi saya memilah. com sebab ialah yang sangat diingat. sebagai contoh saya memiliki web dengan akhiran. co,. net, serta. org, tetapi realitasnya banyak pula orang yang salah ketik…yang mereka masukkan malah. com.

Jadi dahulukan. com, pakai yang lain bagaikan opsi terakhir. Oh ya, jauhi ciri strip(-) serta angka di domain sebab orang- orang hendak menyangka keduanya bagaikan web spam. KECUALI apabila memanglah brand kamu memakai salah satunya.

 

  1. Instalasi web self- hosted dengan platform WordPress

Saat ini kita masuk langkah- langkah membuat web.

Dalam postingan ini aku hendak memakai NameCheap, HostGator, serta WordPress( self- hosted) seperti pada contoh. Kamu dapat memakai layanan hosting serta domain lain sebab tidak jauh berbeda.Membuat web yang hosted tidak butuh aku jelaskan lagi sebab kamu cuma tinggal menjajaki panduan yang telah langsung terdapat di websitenya:

Instalasi WordPress

Proses ini sesungguhnya tidak susah, akan tetapi kemungkinan besar kamu belum pernah coba melakukan yang semacam ini sebelumnya. Jadi silahkan simak beberapa panduan supaya bisa mengetahui bagaimana prosesnya secara lengkap.

Inilah Cara Membuat Blog Agar Menghasilkan Uang untuk pemula yang bisa Anda praktekkan untuk bisa membuat blog yang bisa menghasilkan secara rutin.

Semoga bermanfaat..

asika